Pendaftaran anggota pada web e-learning dapat
dilakukan oleh civitas akademika UNISKA secara mandiri. Adapun cara mendaftar pada web e-learning secara
mandiri adalah sebagai
berikut:
1. Kunjungi halaman web e-learning UNISKA dengan mengetikkan
alamatnya di kolom URL browser, yaitu: http://elearning.uniska-bjm.ac.id,
maka akan tampil halaman web e-learning UNISKA sebagai berikut.
2. Pada halaman web e-learning,
klik tombol Login yang
terdapat pada bagian pojok kanan atas halaman, maka akan tampil halaman login sebagai berikut.
3. Pada halaman login, klik tombol “Silahkan daftar untuk
jadi anggota baru !”, maka akan tanmpil formulir pendaftaran sebagai
berikut.
4. Pada halaman anggota baru, isi kolom nama pengguna
dengan nomor induk dosen nasional (NIDN) bagi dosen, nomor pokok mahasiswa
(NPM) bagi mahasiswa, dan nomor induk karyawan (NIK) bagi staf yang berperan
sebagai operator, kemudian isi kolom password dengan password yang Anda inginkan
untuk akun e-learning Anda, lalu isi kolom email lagi dengan alamat email yang
sama, kemudian isi kolom nama lengkap, nama akhir, kota, dan negara sesuai
identitas Anda yang sebenarnya. Selanjutnya klik tombol Buat keanggotaan baru.
Maka akan tampil halaman berikut.
5. Selanjutnya, buka email yang Anda daftarkan pada web e-learning, lalu periksa pesan
konfirmasi yang dikirim oleh admin e-learning.
Jika pesan tersebut tidak ditemukan
di kotak masuk, silahkan periksa folder Spam e-mail. Contoh pesannya adalah sebagai berikut.
6. Pada isi pesan email tersebut, klik klik URL (alamat website) yang
berwarna biru untuk mengaktifkan akun yang telah didaftarkan.
7.
Setelah
selesai membuat dan mengkonfirmasi akun, Anda dapat masuk atau login dalam web e-learning
dengan cara: klik tombol Login, kemudian isi kolom username dan password, lalu klik
tombol Login. maka
proses login dikatakan berhasil jika
nama pemilik akun telah muncul pada bar atas halaman web. Perhatikan contoh
berikut.
8.
Pada nama bagian nama akun e-learning terdapat beberapa
menu pengaturan Akun, yaitu:
a)
Preferensi adalah
menu untuk membuka halaman pengaturan akun, seperti: mengubah profil dan password akun,
b)
Kalender adalah menu
untuk melihat kalender atau jadwal kegiatan yang terdapat pada mata kuliah
diikuti,
c)
Messages adalah menu
untuk membuka halaman messages (pengiriman
pesan),
d)
Private files adalah menu
untuk membuka halaman penyimpanan file pribadi,
e)
Forum post adalah menu
untuk membuka halaman yang menampilkan laporan tentang postingan pada forum,
f)
My Grades adalah
menu untuk membuka halaman laporan nilai pada mata kuliah tertentu,
g)
Lencana adalah
menu untuk melihat lencana yang diperoleh oleh pemilik akun,
h)
Keluar adalah menu
untuk keluar dari akun e-learning, dan
Bantuan adalah menu untuk menghubungi
Administrator melalui email.
Video tutorial Cara membuat akun baru secara mandiri dapat dilihat pada video berikut.