Halaman
mata kuliah e-learning yang ditampilkan kepada dosen disertai dengan tombol “Hidupkan Mode
Ubah”. Tombol tersebut berfungsi untuk mengubah
mode halaman mata kuliah ke mode ubah dan atau mengembalikannya ke mode biasa.
Pada tampilan mode ubah, halaman mata kuliah akan disertai dengan tombol-tombol
yang berfungsi untuk mengisi konten mata kuliah. Sebelum menambahkan materi
perkuliahan, maka dosen harus terebih dahulu melengkapi informasi mata kuliah,
seperti: deskripsi mata kuliah dan RPS mata kuliah. Adapun lanngkah-langkah
menambahnya pada halaman mata kuliah adalah sebagai berikut:
a.
Masuk ke halaman mata
kuliah
b.
Klik tombol “Hidupkan
mode ubah”,
maka akan muncul beberapa tulisan yang berfungsi untuk mengisi konten halaman mata kuliah.Perhatikan gambar berikut.
c.
Pada gambar di atas, klik tulisan ‘Ubah’
yang berada di sisi News forum, lalu pilih ‘Edit Section’, maka akan ditampilkan
halaman kesimpulan dari general sebagaimana
ditunjukkan gambar berikut.
d. Pada gambar di
atas, (1) Pada
menu bagian, hilangkan tanda ceklis kotak, lalu
ketik judul baru pada kolom tersebut, yaitu: Deskripsi singkat mata kuliah,
(2) Pada kolom penjelasan, ketik deskripsi mata kuliah,
atau tambahkan gambar dengan mengklik tombol image, klik tombol browse
repositories, dan klik tombol choose
file, pilih file dari dalam
komputer, tekan tombol upload this file, tentukan nama dan
ukuran file, lalu tekan tombol save image,
(3) klik
tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan perubahan.
e. Senajutnya, unggah file rencana pembelajaran semester (RPS) dan kontrak pembelajaran ke halaman mata kuliah e-learning dengan cara: seret file RPS dari jendela komputer ke aplikasi browser
dan lepaskan di bawah News forum. Perhatikan gambar berikut.
Video tutorial cara mengisi halaman mata kuliah dapat disimak pada video berikut.