Selamat datang di mata kuliah Media Pembelajaran MI/SD
Kode Mata Kuliah: GMI-6233
Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 PGMI, Semester 5.
Kode Mata Kuliah: GMI-6233
Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 PGMI, Semester 5.
Mata kuliah ini menjadi sarana untuk mempelajari tentang cara mengakses, menganalisis,
membuat, dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai untuk mendukung
pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar.
Kompetensi yang diharapkan berkembang setelah mempelajari mata kuliah ini adalah sebagai berikut.
- Aspek Kognitif: mahasiswa mampu memahami landasan dan regulasi penggunaan media pembelajaran.
- Aspek Afektif: mahasiswa menunjukkan perilaku yang jujur, appresiatif, aman, dan berakhlak saat menggunakan perangkat-perangkat media pembelajaran.
- Aspek Psikomotorik: mahasiswa dapat mempraktikkan prosedur penggunaan dan pembuatan media pembelajaran tradisional dan media digital.
Metode pembelajaran yang dipilih pada matakuliah ini mengacu pada jenis-jenis pengetahuan di dalam materi pelajaran. Garis besar metode yang digunakan adalah: ceramah interaktif, diskusi, simulasi, problem solving, problem and project based learning, dan inverted learning.
Bentuk evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memberikan pertanyaan refleksi, umpan balik, dan tugas di setiap akhir topik materi. Selanjutnya, mahasiswa juga wajib mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester untuk mengukur kemampuan kognitifnya.
Adapun rancangan topik materi perkuliahan yang akan dibahas pada mata kuliah ini adalah sebagai berikut.
Bentuk evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memberikan pertanyaan refleksi, umpan balik, dan tugas di setiap akhir topik materi. Selanjutnya, mahasiswa juga wajib mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester untuk mengukur kemampuan kognitifnya.
Adapun rancangan topik materi perkuliahan yang akan dibahas pada mata kuliah ini adalah sebagai berikut.
BAB I KAJIAN TEORI MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pengertian
Media Pembelajaran
B. Beberapa Istilah yang Berkaitan dengan Media Pembelajaran
C. Sejarah Perkembangan Media Pembelajaran
D. Tujuan,
Manfaat, dan Fungsi Media Pembelajaran
E. Landasan
Media Pembelajaran
1. Landasan Teori
2. Landasan Hukum
3. Landasan Agama Islam
BAB II LITERASI MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pengertian
Literasi Media
B. Klasifikasi
Media Pembelajaran
C. Pemilihan
Media Pembelajaran Adaptif
D. Penggunaan
Media Pembelajaran
E. Pengembangan Media Pembelajaran
BAB III PEMANFAATAN
POSTER SEBAGAI MEDIA VISUAL
A. Pengertian Poster Sebagai Media
Visual
B. Karakteristik Poster Yang Baik
C. Mengenal Konsep Warna
D. Trik-Trik Mengedit Gambar dengan
Adobe Photoshop
1. Menyeleksi Foto dengan Pen Tool
2. Mengatur Ukuran Foto
3. Memanipulasi Warna Foto
4. Mengurangi Noda pada Foto
5. Menyimpan Foto dalam Berbai Format
E. Trik-Trik Membuat Poster dengan Ms.
PowerPoint
1. Mengubah Bentuk Shape
2. Menambahkan Efek pada Shape
3. Memanipulasi Warna Shape
4. Menggunakan Variasi Font
5. Memanipulasi Objek Gambar/ Foto
BAB IV PEMANFAATAN BUKU
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pengertian
Buku
B. Kelebihan
dan Kelemahan Buku
C. Pengembangan
Buku Teks
D. Pengembangan
Buku Modul
E. Pengembangan
Buku Digital
BAB V PEMANFAATAN
KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pengertian Komik
B. Manfaat Komik
C. Karakteristik Komik yang Baik
D. Teknik Mencari Bahan Pembuatan Komik
E. Teknik Membuat Komik Pembelajaran
BAB VI PEMANFAATAN
VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pengertian Media Video
B. Mengidentifikasi Video Pembelajaran
yang sesuai
C. Mengkonversi Media Video
D. Membuat Video Pembelajaran dengan
Bantuan Camtasia
E. Tips Penggunaan Video Untuk
Pembelajaran
BAB VII PEMANFAATAN
ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN
A. Pengertian Alat Peraga
B. Mengidentifikasi Jenis-jenis Alat
Peraga
1. Papan Tulis
2. Poster
3. Peta
4. Globe
5. Bangun Ruang
6. Diorama
7. Akuarium
C. Karakteristik Alat Peraga yang baik
D. Prinsip-prinsip Menggunakan Alat
Peraga
E. Pengelolaan Alat Peraga
BAB VIII KONSEP DASAR MULTIMEDIA
A. Pengertian Multimedia
B. Manfaat dan Keunggulan Multimedia
C. Prinsip-prinsip Desain Multimedia
D. Perangkat Pembuat Multimedia
Pembelajaran
1. Perangkat Pendukung
2. Perangkat Utama
E. Model Pengembangan Media Pembelajaran
1. Model ADDIE
2. Model 4D
3. Model Dick and Carrey
BAB IX PEMANFAATAN MEDIA PRESENTASI
A. Pengertian Media Presentasi
B. Prinsip-Prinsip Desain Slide
Presentasi
C. Teknik Menggunakan Slide Master
dalam Slide PowerPoint
D. Teknik Mencetak Slide Presentasi
E. Teknik Menggunakan Media Presentasi
BAB X PEMANFAATAN ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN
A. Pengertian Animasi
B. Prinsip-prinsip Dasar Animasi
C. Membuat Animasi Frame by Frame dan
Motion Tween
D. Membuat Animasi Motion Guide dan
Masking
E. Membuat Animasi Shape Tween
BAB XI MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID
A. Membuat Halaman Login
B. Membuat Halaman Utama
C. Membuat Halaman Kompetensi
D. Membuat Halaman Materi
E. Membuat Halaman Evaluasi
F. Mempublikasikan Multimedia dengn
Format apk
BAB XII MEDIA PEMBELAJARAN DARING
A. Pengertian Media Pembelajaran Daring
B. Ragam Media Pembelajaran Daring
C. Teknik Membuat dan Menulis di Blog
D. Teknik Berbagi File di Internet
E. Teknik Membuat Survei atau Kuis
Online
- Artikel Jurnal Online : dapat dicari melalui alat pencarian DOAJ, Google Scholar, Neliti, Moraref, Garuda, Sinta, dan Science Direct.
- Buku Cetak:
Ahmad Susanto, M. P.
(2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana.
Darmawan, D. (2014). Inovasi
Pendidikan : Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online.
Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Darwanto. (2011). Televisi
sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gagne, R. M., Wager, W.
W., Golas, K. C., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional
Design (5 ed.).
Gredler, M. E. (2011). Learning
and Instruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Guslinda, & Kurnia, R.
(2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.
Hanum, F. F., Komalasari,
K., & Masyitoh, I. S. (2018). The Need of Instructional Media Online for
Senior High School Students in Civic Education. Annual Civic Education
Conference (ACEC 2018). Atlantis Press.
Harasim, L. (2017).
Learning Theories: The Role of Epistemology, Science, and Technology. In Learning,
Design, and Technology (hal. 1–39).
Hornby, A. (2010). Oxford
Advanced Learner’s Dictionary. In International Student’s Edition (8
ed.). New York: Oxford University Press.
Jamaris, M. (2015). Orientasi
Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Klein, S. B. (2019). Learning:
Principles and Applications (8 ed.). Los Angeles: Sage Publications.
Krieger, J., & Crahan,
M. E. (2001). Media and Politics. In J. Krieger (Ed.), The Oxford Companion
to Politics of the World (hal. 536–539). New York: Oxford University Press.
Mashuri, S. (2019). Media
Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Muhammad Yaumi. (2018). Media
dan Teknologi Pembelajaran.
Nata, A. (2009). Tafsir
Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Prastowo, A. (2018). Sumber
Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah.
Jakarta: Prenadamedia Group.
Prawiradilaga, D. S.
(2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Prawiradilaga, D. S.,
& Siregar, E. (2008). Mozaik Teknologi Pendidikan (1 ed.). Jakarta:
Kencana.
Rusman, Kurniawan, D.,
& Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru (1 ed.). Jakarta: Rajawali
Pers.
Sadiman, A. S., Rahardjo,
R., & Haryono, A. (2014). Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan,
dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sani, R. A. (2019). Inovasi
Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana:
Elemen-Elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.
Satrianawati. (2018). Media
dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Schunk, D. H. (2012). Learning
Theories: An Educational Perspective (6 ed.)
Smaldino, S. E., Lowther,
D. L., & Russell, J. D. (2012). Instructional Technology & Media for
Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (2 ed.). Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Smaldino, S. E., Russell,
J. D., Heinich, R., & Molenda, M. (2005). Instructional Technology And
Media For Learning. 432.
Suparman, M. A. (2012). Desain
Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan.
Jakarta: Erlangga.
Suryani, N., Setiawan, A.,
& Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya, 5.
Suyanto, M. (2005). MULTIMEDIA
Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.
Wibawanto, W. (2017). Desain
dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas
Ulet Kreatif.
Tags:
Pendidikan Dasar