RPS Media Pembelajaran MI/SD

Logo UIN Walisongo
Selamat datang di mata kuliah Media Pembelajaran MI/SD
Kode Mata Kuliah: GMI-6233
Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 PGMI, Semester 5.

Mata kuliah ini menjadi sarana untuk mempelajari tentang cara mengakses, menganalisis, membuat, dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai untuk mendukung pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. 

Kompetensi yang diharapkan berkembang setelah mempelajari mata kuliah ini adalah sebagai berikut.
  1. Aspek Kognitif: mahasiswa mampu memahami landasan dan regulasi penggunaan media pembelajaran.
  2. Aspek Afektif: mahasiswa menunjukkan perilaku yang jujur, appresiatif, aman, dan berakhlak saat menggunakan perangkat-perangkat media pembelajaran.
  3. Aspek Psikomotorik: mahasiswa dapat mempraktikkan prosedur penggunaan dan pembuatan media pembelajaran tradisional dan media digital.
Metode pembelajaran yang dipilih pada matakuliah ini mengacu pada jenis-jenis pengetahuan di dalam materi pelajaran. Garis besar metode yang digunakan adalah: ceramah interaktif, diskusi, simulasi, problem solving, problem and project based learning, dan inverted learning. 

Bentuk evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memberikan pertanyaan refleksi, umpan balik, dan tugas di setiap akhir topik materi. Selanjutnya, mahasiswa juga wajib mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester untuk mengukur kemampuan kognitifnya.

Adapun rancangan topik materi perkuliahan yang akan dibahas pada mata kuliah ini adalah sebagai berikut.

BAB I KAJIAN TEORI MEDIA PEMBELAJARAN.. 1
A.   Pengertian Media Pembelajaran. 1
B.   Beberapa Istilah yang Berkaitan dengan Media Pembelajaran. 4
C.   Sejarah Perkembangan Media Pembelajaran. 6
D.   Tujuan, Manfaat, dan Fungsi Media Pembelajaran. 8
E.   Landasan Media Pembelajaran. 11
1.  Landasan Teori 11
2.  Landasan Hukum.. 21
3.  Landasan Agama Islam
 .. 22
BAB II LITERASI MEDIA PEMBELAJARAN.. 30
A.   Pengertian Literasi Media. 30
B.   Klasifikasi Media Pembelajaran. 30
C.   Pemilihan Media Pembelajaran Adaptif 33
D.   Penggunaan Media Pembelajaran. 34
E.   Pengembangan Media Pembelajaran
 . 39
BAB III  PEMANFAATAN POSTER SEBAGAI MEDIA VISUAL. 40
A.   Pengertian Poster Sebagai Media Visual 40
B.   Karakteristik Poster Yang Baik. 40
C.   Mengenal Konsep Warna. 40
D.   Trik-Trik Mengedit Gambar dengan Adobe Photoshop. 42
1.  Menyeleksi Foto dengan Pen Tool 42
2.  Mengatur Ukuran Foto. 42
3.  Memanipulasi Warna Foto. 42
4.  Mengurangi Noda pada Foto. 42
5.  Menyimpan Foto dalam Berbai Format 42
E.   Trik-Trik Membuat Poster dengan Ms. PowerPoint 42
1.  Mengubah Bentuk Shape. 42
2.  Menambahkan Efek pada Shape. 42
3.  Memanipulasi Warna Shape. 42
4.  Menggunakan Variasi Font 42
5.  Memanipulasi Objek Gambar/ Foto. 42

BAB IV  PEMANFAATAN BUKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN.. 43
A.   Pengertian Buku. 43
B.   Kelebihan dan Kelemahan Buku. 43
C.   Pengembangan Buku Teks. 43
D.   Pengembangan Buku Modul 43
E.   Pengembangan Buku Digital 43

BAB V  PEMANFAATAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN.. 44
A.   Pengertian Komik. 44
B.   Manfaat Komik. 44
C.   Karakteristik Komik yang Baik. 44
D.   Teknik Mencari Bahan Pembuatan Komik. 44
E.   Teknik Membuat Komik Pembelajaran. 44

BAB VI  PEMANFAATAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN.. 45
A.   Pengertian Media Video. 45
B.   Mengidentifikasi Video Pembelajaran yang sesuai 45
C.   Mengkonversi Media Video. 45
D.   Membuat Video Pembelajaran dengan Bantuan Camtasia. 45
E.   Tips Penggunaan Video Untuk Pembelajaran. 45

BAB VII  PEMANFAATAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN.. 46
A.   Pengertian Alat Peraga. 46
B.   Mengidentifikasi Jenis-jenis Alat Peraga. 46
1.  Papan Tulis. 46
2.  Poster 46
3.  Peta. 46
4.  Globe. 46
5.  Bangun Ruang. 46
6.  Diorama. 46
7.  Akuarium.. 46
C.   Karakteristik Alat Peraga yang baik. 46
D.   Prinsip-prinsip Menggunakan Alat Peraga. 46
E.   Pengelolaan Alat Peraga. 46

BAB VIII KONSEP DASAR MULTIMEDIA.. 47
A.   Pengertian Multimedia. 47
B.   Manfaat dan Keunggulan Multimedia. 48
C.   Prinsip-prinsip Desain Multimedia. 49
D.   Perangkat Pembuat Multimedia Pembelajaran. 50
1.  Perangkat Pendukung. 50
2.  Perangkat Utama. 52
E.   Model Pengembangan Media Pembelajaran. 55
1.  Model ADDIE. 55
2.  Model 4D.. 55
3.  Model Dick and Carrey. 55

BAB IX  PEMANFAATAN MEDIA PRESENTASI 56
A.   Pengertian Media Presentasi 56
B.   Prinsip-Prinsip Desain Slide Presentasi 56
C.   Teknik Menggunakan Slide Master dalam Slide PowerPoint 56
D.   Teknik Mencetak Slide Presentasi 56
E.   Teknik Menggunakan Media Presentasi 56

BAB X  PEMANFAATAN ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN.. 57
A.   Pengertian Animasi 57
B.   Prinsip-prinsip Dasar Animasi 57
C.   Membuat Animasi Frame by Frame dan Motion Tween. 57
D.   Membuat Animasi Motion Guide dan Masking. 57
E.   Membuat Animasi Shape Tween. 57

BAB XI  MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID.. 58
A.   Membuat Halaman Login. 58
B.   Membuat Halaman Utama. 58
C.   Membuat Halaman Kompetensi 58
D.   Membuat Halaman Materi 58
E.   Membuat Halaman Evaluasi 58
F.   Mempublikasikan Multimedia dengn Format apk. 58

BAB XII MEDIA PEMBELAJARAN DARING.. 59
A.   Pengertian Media Pembelajaran Daring. 59
B.   Ragam Media Pembelajaran Daring. 59
C.   Teknik Membuat dan Menulis di Blog. 59
D.   Teknik Berbagi File di Internet 59
E.   Teknik Membuat Survei atau Kuis Online. 59
 . 57
.. 58
Informasi Referensi
  1. Artikel Jurnal Online : dapat dicari melalui alat pencarian DOAJ,  Google Scholar, Neliti, Moraref, Garuda, Sinta, dan Science Direct.
  2. Buku Cetak:

Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan : Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Darwanto. (2011). Televisi sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5 ed.).
Gredler, M. E. (2011). Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.
Hanum, F. F., Komalasari, K., & Masyitoh, I. S. (2018). The Need of Instructional Media Online for Senior High School Students in Civic Education. Annual Civic Education Conference (ACEC 2018). Atlantis Press.
Harasim, L. (2017). Learning Theories: The Role of Epistemology, Science, and Technology. In Learning, Design, and Technology (hal. 1–39).
Hornby, A. (2010). Oxford Advanced Learner’s Dictionary. In International Student’s Edition (8 ed.). New York: Oxford University Press.
Jamaris, M. (2015). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Klein, S. B. (2019). Learning: Principles and Applications (8 ed.). Los Angeles: Sage Publications.
Krieger, J., & Crahan, M. E. (2001). Media and Politics. In J. Krieger (Ed.), The Oxford Companion to Politics of the World (hal. 536–539). New York: Oxford University Press.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Muhammad Yaumi. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran.
Nata, A. (2009). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Prawiradilaga, D. S. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Prawiradilaga, D. S., & Siregar, E. (2008). Mozaik Teknologi Pendidikan (1 ed.). Jakarta: Kencana.
Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru (1 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., & Haryono, A. (2014). Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sani, R. A. (2019). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana: Elemen-Elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.
Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective (6 ed.)
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2012). Instructional Technology & Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (2 ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Smaldino, S. E., Russell, J. D., Heinich, R., & Molenda, M. (2005). Instructional Technology And Media For Learning. 432.
Suparman, M. A. (2012). Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 5.
Suyanto, M. (2005). MULTIMEDIA Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

 
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama