Cara Menggunakan Mouse dan Touchpad Laptop

        Mouse dan Touchpadadalah alat yang digunakan untuk mengatur posisi kursor dan menggerak-kan sebuah objek ke suatu tempat di dalam layar monitor. Penggunaan mouse ini dimaksudkan untuk memudahkan pekerjaan dalam menggerakkan kursor dalam hal memilih menu atau mengendalikan aplikasi yang terdapat di dalam layar komputer. Sebagaimana keyboard, mouse juga merupakan hardware yang siap pakai saat dihubungkan ke komputer melalui kabel atau jaringan bluetooth dengan tanpa harus melakukan memasang aplikasi driver. Adapun contoh mouse adalah sebagai berikut.
Gambar 2.27 Mouse

          Sebuah mouse terdiri dari 3 komponen besar, yaitu:tombol kiri, tombol kanan, roda bagian atas, laser atau roda di bagian bawah mouse, dan kabel penghubung (kecuali mouse yang dihubungkan dengan tanpa kabel). Adapun teknik menggunakan mouse adalah sebagai berikut: 
  1. Gerakkan mouse untuk mengarahkan kursor ke tempat tertentu, 
  2. Klik tombol kiri 1x atau pada tempat tertentu harus diklik 2x untuk memilih, membuka, dan membatalkan sebuah program
  3. Klik-tahan tombol kiri dan gerakkan mouse untuk memilih beberapa file
  4. Klik tombol kanan untuk membuka menu/pilihan pada layar program atau folder, dan 
  5. Putar roda yang berada di atas mouse untuk menggulir layar jendela komputer ke bawah atau ke atas.

      Adapun fungsi touchpad sama dengan fungsi mouse, akan tetapi, teknik penggunaan Touchpad adalah dengan menggunakan sensor gerak jari.
Gambar 2.28. Touchpad

      Adapun cara menggunakan touchpad adalah sebagai berikut.
  1. Tempelkan jari pada bidang datar Touchpad 
  2. Dalam keadaan jari menenmpel, gerakkan jari dengan mengusap Touchpad ke kiri, kanan, depan, dan belakang sehingg kursor mouse bergerak sesuai dengan tujuan yang diinginkan. 
  3. Sebagaimana mouse, touchpad juga memiliki tombol kiri dan kanan yangberada di bagian bawah kiri dan kanan.Beberapa laptop keluaran terbaru tidak menonjolkan tombol klik kiri atau kanannya, tetapi tombol tersebut masih dapat digunakan dengan mengklik bagian bawah trouchpad tersebut.
  4. Apabila Touchpad tidak berfungsi atau mati, maka hal tersebut bisa karena menu: function key touchpad dalam keadaan mati. Berikut contoh ikon touchpad.
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama