Mengenal Port Laptop atau Komputer

         CPU (central processor unit) sebagai mesin utama sebuah komputer atau laptop mengandung rangkaian alat yang berfungsi untuk memproses berbagai perintah yang masuk melalui input device. Pada sebuah komputer personal (PC), CPU terpisah dari monitor, keyboard dan mouse. Sementara pada laptop, semua perangkat tersebut telah digabung menjadi satu, yakni CPU Laptop berada di bawah keyboardnya, dan mousenya berada di pangkal keyboard dengan bentuk bidang datar dan disebut dengan touchpad, dan monitornya berada di atas keyboard.

Adapun diantara komponen-komponen yang terdapat pada CPU sebuahkomputer personal adalah sebagai berikut: 
  1. Mainboard, yaitupapan elektronik yang digunakan untuk meletakkan semua peralatan internal yag ada di dalam CPU
  2. VGA ( Video Graphic Adapter), yaitu kartu elektronik yang ditancapkan dalam mainboard untuk menghubungkan antar CPU dengan monitor
  3. Processor, yaitu lempengan khusus yangberfungsi untuk memproses data atau program yang dimasukkan, seperti: Intel, AMD, dan Cyrix. Processor.Kecepatan sebuah processor dalam memproses data atau program yang dimasukkan tergantung processor yang digunakan. Adapun tingkatannya dari yang terendah adalah: pentium 1, pentium 2, pentium 3, pentium 4, celeron, Core 2, Core i3, Core i5, Core i7, dan lain sebagainya
  4. RAM (Random Acces Memory), yaitu kumpulan rangkaian elektronik yang digunakan untuk menyimpan data, dan data tersebut dapat dipanggil kembali sewaktu-waktu. Kapasitas penyimpanan RAM memiliki tingkatan yang berbeda, seperti: 250 MB, 500 MB, 1GB, 2GB, 4 GB, dan lain sebagainya. Kapasitas penyimpanan ini berpengaruh pada jumlah software yang akan diinstal di dalam computer
  5. Power Supply, yaitu alatyang digunakan untuk menerima listrik dari sumber listrik yang memiliki tegangan tinggi dan menyebarkannya ke seluruh bagian pada CPU dengan arus tegangan rendah.

       Adapun Port komputer/ Laptop adalah lubang-lubang yang berada di sisi CPU dan berfungsi untuk menghubungkan CPU/ Laptop ke perangkat lain, seperti: flashdisk, printer, monitor, dan lain sebagainya. Adapun beberapa jenis port yang dimiliki laptop adalah sebagai berikut:

Gambar 2.26 Port Laptop

         Adapun fungsi dari masing-masing port laptop sebagaimana ditunjukkan pada gambar di atas adalah sebagai berikut:
  1. USB (Universal Serial Bus). Port ini merupakan port yang memiliki fungsi untuk jalur transfer data berbagai perangkat, seperti flashdisk, printer, modem, scanner, ponsel, dan kamera digital.
  2. VGA (Video Graphic Adapter). Port ini digunakan untuk menghasilkan keluaran berupa tampilan pada monitor, LC/LED TV atau LCD Proyektor.
  3. HDMI (High-Definition Multimedia Interface). Port ini memiliki fungsi hampir sama denga port VGA namun dengan kualitas lebih tinggi dan juga mendukung suara.
  4. Soundcard. Port ini berfungi untuk menjematani antara PC/Laptop dengan speaker aktif atau headsetsehingga mampu menghasilkan suara yang lebih keras.
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama